Tentang Plasma (teknikal)

Apa Itu Plasma?

Seperti yang kita ketahui sebelumnya, ketika materi padat diberikan energi maka temperaturnya akan meningkat dan berubah dari wujud padat menjadi cair dan kemudian menjadi gas. 

Apabila pemberian energi terus dilanjutkan, maka cangkang atom akan rusak dan tercipta antara lain partikel bermuatan yaitu elektron (-) yang bermuatan negatif dan ion (+) bermuatan positif serta gelombang-gelombang energi termasuk cahaya. Semua ini adalah yang sekarang kita sebut dengan Plasma.

[ilustrasi dari plasma.com]

Di alam, plasma dapat ditemukan misalnya pada petir, aurora, api dan matahari. Plasma yang diproduksi secara artifisial ditemukan contohnya pada tabung lampu neon, lampu kilat (blitz) dan televisi plasma.

Dibawah ini animasi visual menggunakan tinta pengetesan terhadap permukaan akrilik yang belum (kiri) dan yang sudah aktiv (kanan):

Aplikasi Produk Sistem Plasma Kami

Plasma dapat diaplikasikan untuk mengubah sifat permukaan material agar sesuai dengan kebutuhan Anda. Misalkan untuk mempersiapkan permukaan benda agar mudah direkatkan satu sama lain. 4 aplikasi utama adalah:

  1. Membersihkan (fine cleaning) permukaan dari materi organik yang presisi untuk komponen kecil dan mikro.
  2. Aktivasi komponen plastik sebelum proses penempelan, pelapisan, dsb.
  3. Etsa (Etching) terkontrol dari berbagai bahan seperti PTFE, photoresist, semikonduktor dsb.
  4. Pelapisan komponen dengan pelapis seperti PTFE, lapisan penghalang (barrier), pelapis hidrofobik dan hidrofilik, pelapis (coating) untuk mengurangi gesekan (friksi) dll.

Informasi lebih lanjut tentang plasma dapat dilihat disini